BERITA SULBAR

Peringati Hari Donor Darah Sedunia, PT Mamuang Gelar Donor Darah di Internal

PASANGKAYU || SUARANEGERI – PT Mamuang yang merupakan anak usaha PT Astra Agro Lestari bergerak di industri perkebunan kelapa sawit bekerjasama Palang Merah Indonesia (PMI) Pasangkayu menggelar donor darah.

Pelaksanaan peringatan hari donor darah sedunia tersebut, berlangsung di Poliklinik Kebun (Polibun) PT Mamuang di Desa Martasari, Kecamatan Pedongga, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat, Jumat (28/6/2023).

Administratur (ADM) PT Mamuang, Muhammad Satria Abdi Catur Pamungkas mengatakan, hari donor darah sedunia diperingati setiap tanggal 14 Juni, dan pihaknya baru berkesempatan melaksanakannya bekerjasama dengan PMI Kabupaten Pasangkayu.

“Dalam memperingati donor darah sedunia, kami seluruh karyawan PT Mamuang mendukung penuh atas kegiatan positif ini,” kata Satria.

Selain itu, Satria berharap, semoga melalui donor darah ini, kita semua senantiasa bertambah kebugaran tubuh dan sehat.

“Semoga pendonoran darah ini bisa membantu banyak orang yang membutuhkan darah, dan diharapkan kegiatan ini tidak menjadi yang terakhir di PT Mamuang namun berkesinambungan,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Polibun PT Mamuang, dr Fatimatuzzarah mengatakan, pihaknya memikirkan apa yang bisa di lakukan selain melakukan donor di hari peringatan donor darah sedunia ini, dan memilih melakukan edukasi di level yang berbeda kepada seluruh karyawan dan desa ring 1 PT Mamuang.

Kegiatan edukasi itu, lanjut Fatimatuzzara, mengenai anemia dan bagaimanakah cara mencegahnya dengan salah satunya memberikan makanan-makanan yang mengandung zat besi, asam folat dan vitamin C serta pola hidup sehat lainnya.

“Sambil edukasi, kami juga mewujudkannya dengan membuat stand bazar melibatkan seluruh paguyuban PT Mamuang untuk bersama menyediakan makanan dan minuman yang bergizi tinggi,” ungkap Fatimatuzzarah.

Sementara Pengurus PMI Pasangkayu, NS Kahar menyampaikan, kebutuhan darah masih cukup tinggi untuk beberapa jenis kasus. Dan teknologi medis dunia hingga saat ini belum ada yang mampu menciptakan darah buatan.

“Hal itulah sehingga kegiatan donor darah seperti ini sangat membantu PMI dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasangkayu, dan semoga kerja sama ini bisa terus berjalan dengan baik,” paparnya.

Kahar menyatakan antusias karyawan PT Mamuang mengikuti donor darah sangat luar biasa.

“Sebanyak 199 karyawan PT Mamuang yang hendak mendonorkan darah dengan tetap diskrining atas rekomendasi medis apakah layak atau tidak untuk mendonorkan darahnya,” ujarnya.

Terpisah Comunity Development Officer (CDO), Agro Susanto menyampaikan apresiasinya kepada PMI Pasangkayu atas kerjasamanya di peringatan hari donor darah sedunia.

“Kegiatan donor darah merupakan salah satu bukti implementasi nilai kemanusiaan karena darah yang disumbangkan sangat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan,” paparnya.

Lanjut Agro, menyumbangkan darah sama halnya seperti memberikan kehidupan bagi orang lain.

“Donor darah ini sekaligus bertujuan meningkatkan kesadaran terkait manfaat donor darah bagi kesehatan dan menggugah rasa kepedulian sosial seluruh karyawan PT Mamuang, sehingga membuat tubuh semakin sehat dan bugar,” imbuhnya.(*)

Laporan: DJ/Dier

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({google_ad_client: "ca-pub-7658722301248693",enable_page_level_ads: true});

Most Popular

To Top