BERITA SULBAR

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SWA, Pj Gubernur: Saya merasa bangga dan hormat kepada Masyarakat Majene, khususnya Salabose

Turut hadir dalam acara tersebut diantaranya, Bupati Majene Andi Achmad Syukri, Wakil Bupati Majene Aris Munandar, anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten, perwakilan Gubernur Sulbar periode 2017-2022 Ali Baal Masdar, Forkopimda dan jajaran OPD lingkup Pemkab Majene serta Masyarakat dalam jumlah besar yang antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan.

Peringatan Maulid Nabi di Salabose tersebut merupakan tradisi tahunan yang dilaksanakan secara turun-temurun oleh Masyarakat setempat untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Gubernur Bahtiar juga mengikuti prosesi Maccobbo, yaitu pawai benda-benda pusaka yang memiliki nilai sejarah dan spiritual tinggi bagi Masyarakat. Beberapa di antaranya adalah Mushaf Al-Qur’an tulisan tangan peninggalan Syekh Abdul Mannan, bendera Kerajaan Banggae bernama “I Macang,” serta keris pusaka peninggalan Tomakaka (raja) di Poralle.

Bahtiar mengungkapkan rasa syukurnya dapat hadir di tengah Masyarakat Salabose dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

“Saya secara pribadi, maupun sebagai penjabat Gubernur Sulawesi Barat, merasa bangga dan hormat kepada Masyarakat Majene, khususnya Salabose, yang telah menjaga tradisi ini. Tradisi seperti ini harus dipertahankan dan dikembangkan,” ujar Bahtiar.

Lebih lanjut, Bahtiar mendukung gagasan menjadikan Salabose sebagai kawasan wisata religi. Menurutnya, kawasan ini memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata religi yang tidak hanya milik Sulawesi Barat, tetapi juga milik bangsa Indonesia.

“Saya setuju jika program ini segera diwujudkan. Salabose bukan hanya milik Majene atau Sulbar, tetapi juga menjadi bagian dari kekayaan budaya Indonesia. Karena itu, tempat ini perlu dikembangkan sebagai destinasi wisata religi,” tegasnya.

Bupati Majene, Andi Achmad Syukri, dalam sambutannya menyampaikan bahwa peringatan Maulid ini merupakan wujud kecintaan umat kepada Nabi Muhammad SAW. Ia berharap, momen ini menjadi ajang refleksi dan pencerahan dalam meneladani perilaku Rasulullah.

“Tradisi Maulid di Salabose juga merupakan bentuk pelestarian budaya kita, dan semoga kita semua mendapatkan syafaat dan rahmat dari Rasulullah. Saya mengajak seluruh masyarakat untuk memperbanyak shalawat serta berkolaborasi dalam membangun Majene yang lebih baik,” tutup Andi Achmad Syukri.(*/Adv)

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({google_ad_client: "ca-pub-7658722301248693",enable_page_level_ads: true});
To Top