TNI/POLRI

Apel Gelar Pasukan Mantap Praja 2024, Polda Sulbar Siap Wujudkan Pemilu Damai di Sulbar

POLDA SULBAR || SUARANEGERI – Sebagai wujud kesiapan dalam rangka mendukung pelaksanaan Pilkada 2024 yang aman, tertib dan lancar, Polda Sulbar terus memantapkan berbagai kesiapan dan memperkuat kolaborasi dengan berbagai pihak. Salah satu kesiapan yang dilakukan saat ini adalah menggelar apel gelar Operasi Mantap Praja (OMP) dalam rangka pengamanan Pilkada 2024.

Kapolda Sulbar Irjen Pol Adang Ginanjar yang memimpin kegiatan apel gelar pasukan tersebut bahkan menegaskan pihaknya siap menciptakan Pilkada damai 2024 tentunya tidak terlepas dari dukungan seluruh pihak.

Di depan hotel d’Maleo terlihat ribuan pasukan gabungan dari TNI-POLRI, Basarnas, Satpol PP, Dishub, Senkom, KPU dan Bawaslu mengikuti apel gelar pasukan operasi Mantap Praja 2024 sebagai bukti kesiapan dan keterpaduan bersama mewujudkan pesta demokrasi yang aman dan damai, Rabu (21/8/24).

Apel gelar pasukan Operasi Mantap Praja ditandai dengan penyamatan tanda pita operasi dilanjutkan dengan pemeriksaan pasukan dan seluruh kendaraan dinas yang akan digunakan dalam menunjang kelancaran pengamanan Pilkada 2024.

Dalam amanat yang dibacakannya, Kapolda mengungkapkan kegiatan ini merupakan pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarpras operasi Mantap Praja 2024 sebagai upaya mewujudkan terselenggaranya Pilkada yang aman dan lancar.

Bersamaan itu, Kapolda juga mengajak semua pihak untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang dapat mengganggu keamanan dan kelancaran Pilkada nantinya seperti berita hoaks, isu sara, propaganda firehouse of falsehood dan black campaign.

Bersamaan itu, masyarakat juga diharapkan senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dengan ikut berpartisipasi dalam menjaga stabilitas kamtibmas pada perhelatan Pilkada 2024 nantinya.

Sedangkan bagi bagi seluruh personel ditegaskan untuk tidak under estimate dan tetap mempersiapkan pengamanan sebaik mungkin.

Terus lakukan mapping potensi konflik sosial secara detail di wilayahnya masing-masing dan selesaikan potensi konflik tersebut hingga ke akar masalah. Apabila terdapat konflik yang sudah menganggu stabilitas kamtibmas, maka pastikan penggunaan kekuatan dilakukan secara tepat sesuai Sop dengan memegang teguh asas proporsionalitas, legalitas, akuntabilitas serta nesesitas.

Selanjutnya terkait tindak pidana Pilkada, lakukan koordinasi dan kolaborasi antar Pilar sentra Gakkumdu, agar penanganan pelanggaran serta penyelesaian tindak pidana Pilkada dapat dilakukan secara profesional serta transparan, sehingga mendapatkan legitimasi dari masyarakat.

Terimakasih dan selamat bertugas kepada seluruh personel yang terlibat. Mari bersama-sama kita amankan Pilkada 2024, demi mewujudkan visi Indonesia emas 2045 yang kita cita-ciptakan bersama, tandasnya.

Sementara itu, saat ditemui oleh media Kapolda Sulbar juga mengungkapkan jumlah kekuatan yang akan dilibatkan selama operasi Mantap Praja. khusus Polda Sulbar personel yang dilibatkan sebanyak 608 personel ditambah kekuatan personel dari Polres jajaran, TNI, Basarnas, Dishub, Satpol PP, Pemadam, Senkom dan BPBD.

Kapolda juga berharap masyarakat bisa turut serta mewujudkan Pilkada damai 2024, Ayo gunakan hak pilih anda dengan datang ke TPS.

Humas Polda Sulbar

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({google_ad_client: "ca-pub-7658722301248693",enable_page_level_ads: true});

Most Popular

To Top