BERITA SULBAR

Perlancar Komoditas Holtikultura, Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Tinjau Pengerjaan Konektivitas Majene-Mamasa

MAJENE || SUARANEGERI – Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin meninjau progres pengerjaan ruas Jalan Salutambung-Urekang di Kecamatan Ulumanda, Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi barat (Sulbar), Senin (19/8/2024).

Pj Gubernur Bahtiar didampingi Sekprov Sulbar Muh.Idris dalam kunjungan tersebut sekaligus hendak memastikan konektivitas antar Kabupaten di daerah ini sudah terbuka dan lancar sehingga memudahkan warga mengangkut produk pertanian dan hasil sumber daya alamnya keluar masuk Sulbar.

Apalagi jelas Bahtiar, kehadiran Ibu Kota Nusantara (IKN) dimana Sulbar akan menyiapkan diri sebagai daerah penyanggah IKN yang akan menyuplai kebutuhan pangan bagi warga Kalimantan dan IKN.

Selain iti, Bahtiar hendak memastikan proses berjalan lancar tanpa kendala. Diharapkan dengan pengerjaan jalan tersebut nantinya dapat dimanfaatkan masyarakat untuk meningkatkan produktivitas pertanian dan peternakan di Kecamatan Ulumanda.

Pj.Bahtiar juga mengajak masyarakat agar memilih satu sampai dua komoditi untuk dikembangkan di Ulumanda. Tujuannya agar terbangun industri di Ulumanda. Dengan hadirnya industri pertanian di Ulumanda maka kehadiran jalur darat akan memudahkan mengantar pasokan ke pelabuhan Belang Belang melalui Mamasa – Mamuju.

“Tidak perlu banyak jenisnya, cukup satu sampai dua komoditi yang bernilai ekspor. Itu yang ditanam dalam jumlah besar,” ucap Bahtiar.

Sementara itu, Ridwan tokoh masyarakat setempat menganggap kehadiran Pj Bahtiar di Malunda hingga sampai ke gunung menemui warga sebagai bentuk perhatian dari Pemprov Sulbar.

“Dulu kami menganggap Ulumanda di pegunungan sangat terisolir. Tetapi kedatangan Pj Gubernur bersama Sekda ini kami akhirnya merasa sangat dekat,” ucapnya Ridwan.

Sebagai masyarakat adat lanjut Ridwan, dirinya bersama warga yang ikut hadir saat silaturrahmi menyebut istilah perwilayahan komoditas Pj Gubernur sangat cocok bagi warga di Ulumanda.

“Apa yang telah disampaikan tadi oleh pak Gubernur bahwa ada istilah pengwilayahan komoditas itu sangat positif. Dan yang kedua bagaimana jalanan ini bisa tembus ke Mamasa sebab holtikulultura di enam Desa Ulumanda ini nilainya sangat besar. Dan biayanya mahal,” tandasnya.

Sementara itu Camat Ulumanda Muhammad Arif berterima kasih atas dukungan Pemprov Sulbar melalui sejumlah program di Ulumanda, mulai dari pengerjaan akses jalan, dan program lainnya.

“Kami atas nama pemerintah dan masyarakat Ulumanda menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi tingginya kepada pemerintah provinsi telah memberikan perhatian serius kepada daerah terpencil ini,” kata Arif

Ruas Jalan Salutambung-Urekang merupakan akses jalan yang menghubungkan Majene dan Mamasa dengan Ruas Salutambung-Urekang-Mambi.(*/Adv)

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({google_ad_client: "ca-pub-7658722301248693",enable_page_level_ads: true});
To Top