BERITA SULBAR

DPD GANN Sulbar Menggelar Rapat Pembentukan Kepengurusan

SULBAR || SUARANEGERI – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Generasi Anti Narkotika Nasional (GANN) Sulawesi barat menggelar rapat pembentukan pengurus tingkat provinsi.

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Ketua GANN Prov.Sulbar, Mj Amiruddin yang dihadiri puluhan pengurus di Gedung Marasa Corner, Rangas, Kabupaten Mamuju, Kamis (8/8/2024).

Dalam sambutan Ketua GANN Prov.Sulbar Mj Amiruddin membacakan Visi dan Misi GANN yakni; Visi GANN berupaya untuk terus giat berperan dalam memerangi, memberantas dan mencegah peredaran serta penyalahgunaan Narkoba.

Sementara Misi GANN sendiri yakni;
1. Meningkatkan fungsi dan peranan lembaga serta kualitas sumber daya manusia,

2. Membantu meningkatkan penegakkan hukum penyalahgunaan narkoba,

3. Meningkatkan peran serta masyarakat untuk bersama memerangi, memberantas, mencegah peredaran dan penyalahgunaan Narkoba,

4. Bersama dengan Organisasi Kemasyarakatan, Lembaga Keagamaan, Tokoh Masyarakat, Instansi dan Lembaga Pemerintahan melakukan upaya penanggulangan peredaran dan penyalahgunaan Narkoba dan,

5. Demi menyelamatkan anak bangsa, dari maraknya peredaran Narkotika yang sudah merambah ke kampung – kampung dan pelosok – pelosok daerah di seluruh Indonesia.

Selain itu, Mj Amiruddin juga mengatakan, GANN adalah sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang berbasis MASSA.

“GANN lahir dan berangkat dari keprihatinan dan rasa sayang orang tua terhadap anak, dimana setiap orang tua pasti menginginkan anaknya sukses di kemudian hari. Namun dengan Fenomena yang ada sekarang ini di Indonesia yang sudah dinyatakan darurat Narkoba maka mustahil akan terwujud semua cita-citanya,” ucap Ketua GANN Sulbar yang akrap disapa Amir.

Dalam perjalanannya, lanjut Amir, GANN adalah Swadaya Masyarakat berbasis MASSA, dimana kita mengharapkan seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama berantas peredaran gelap Narkoba.

“GANN bertujuan berusaha membantu program Pemerintah dalam pencegahan pemberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba. Minimal di lingkungan terdekat kita agar generasi penerus kita yang merupakan anak cucu kita bisa menjadi generasi emas generasi yang bersih dari Narkoba,” tandasnya.

Lanjut Amir, GANN juga berfungsi membantu Pemerintah dalam hal penanganan dan penanggulangan terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika yang sudah menjadi Fenomena di Indonesia.

“GANN memiliki tugas pokok dengan memberikan pemahaman dan penyuluhan kepada Masyarakat terutama kepada Siswa-siswi SD, SMP, SMA dan sampai Kampus-kampus agar mengetahui bahaya dari pada penggunaan Narkoba sejak dini,” ujarnya.

Kemudian kata Amir, GANN juga memiliki kewenangan membantu meringankan tugas aparat terkait dalam penanganan dan penanggulangan permasalahan Narkotika serta membangun sinergitas yang baik dengan seluruh instansi-instansi Pemerintah yang terkait termasuk TNI, Polri ataupun BNN.

“GANN dalam hal anggaran juga sudah jelas di dalam APBN dan APBD terdapat alokasi dana untuk penanggulangan permasalahan Narkoba dengan demikian GANN akan mewujudkan kerja nyata agar dana tersebut bisa dikeluarkan untuk semua kegiatan GANN,” tuturnya.

“GANN Bersifat Lembaga Swadaya Masyarakat berbasis Massa, kata Swadaya berarti Independent tetapi GANN menjalin Sinergitas dengan BNN, TNI dan POLRI serta Instansi terkait lainnya termasuk Kementrian Kesehatan, Pendidikan Nasional dan BPOM,” tutupnya.

Laporan: Dierman

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({google_ad_client: "ca-pub-7658722301248693",enable_page_level_ads: true});

Most Popular

To Top