BERITA SULBAR

Kadis DKP Sulbar Sambut Kepala Pangkalan PSDKP Bitung, Berikut tujuannya

Nampak (kiri baju putih) Kadis DKP Prov Sulbar, Dr. Suyuti, (Baju putih) Kepala Pangkalan PSDKP Bitung, Kurniawan

SULBAR || SUARANEGERI – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Sulawesi barat mendapat kunjungan kerja (Kunker) Kepala Pangkalan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Bitung.

Kunker Kepala Pangkalan PSDKP Bitung, Kurniawan bersama rombongan disambut langsung Kepala Dinas (Kadis) DKP Sulbar, Dr.Suyuti Marzuki didampingi Kepala Bidang (Kabid) Tangkap DKP Sulbar di Kantor DKP Prov Sulbar, Rabu (17/7/2024).

Dalam kunkernya membahas terkait pengawasan dan kewenangan DKP menertibkan berbagai permasalahan yang muncul dilaut, baik pembom ikan maupun kapal penyelundup dari negara lain. Selain itu juga membahas 5 program prioritas Kementerian sebagai target ekonomi giro.

“Kunjungan dalam rangka kordinasi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Prov Sulawesi barat. Dimana kami dipangkalan PSDKP Bitung itu wilayah tugas pengawasannya diseluruh Sulawesi,” ucapnya.

Lanjut Kurniawan, dalam rangkaian dibawah Dirjen PSDKP Kementerian Perikanan, pihaknya punya target bahwa kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan ini adalah target ekonomi giro.

“Target ekonomi giro, dimana ekologis dijadikan sebagai panglimanya sehingga dengan itu ada 5 program prioritas. Dan inilah yang menjadi tanggung jawab kami untuk mengawal program prioritas itu,” kata Kurniawan.

Sehingga salah satunya juga, kata Kurniawan, karena lokasinya berada di wilayah Sulbar, pihaknya juga melakukan kordinasi di DKP Sulbar.

“Dari kordinasi itu nanti tentunya kegiatan-kegiatan pengawasan yang ada di Provinsi Sulbar ini kami harus kolaborasi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan karna masing-masing punya sumber daya, punya sarana prasarana. Ini kita tidak bisa lakukan sendiri-sendiri, harus sama-sama agar hasilnya lebih baik lagi,” tandasnya.

Sementara itu, Kadis DKP Sulbar Dr.Suyuti berharap kolaborasi dengan PSDKP Bitung dalam meningkatkan ekonomi giro dan pengawasan laut lebih baik lagi.

“Kami DKP Prov Sulbar berharap sarana dan prasarana seperti dululah untuk menunjang, beberapa armada kami rusak tidak ada operasional. Namun saya kerja sendiri aja” ucap Suyuti yang juga merupakan Datuk Muda Bansawan dalam percakannya bersama Kepala Pangkalan PSDKP Bitung.

Laporan: Dierman

Most Popular

To Top